Selasa, 18 Februari 2020

10 Tanya Jawab Tentang Kewirausahaan dan Wirausaha (Bagian 1)


Hello adik-adik.. 

Yuuuhuuiii....artikel kali ini akan membahas seputar pertanyaan dalam kewirausahaan dan wirausaha. Tentunya dengan Tanya Jawab seperti ini bisa membuat kalian lebih paham dan mengerti yah. InsyaAllah

DAFTAR ISI 10 TANYA JAWAB KEWIRAUSAHAAN 

1. Apa Pengertian Kewirausahaan ?
2. Apa Pengertian Perencanaan Usaha ?
3. Apa Saja Manfaat Perencanaan Usaha ?
4. Sebutkan 4 (empat) aspek yang harus dianalisis untuk kepentingan perencanaan usaha!
5. Apa sajakah unsur-unsur dalam perencanaan usaha yang baik ?
6. Sebutkan prinsip-prinsip yang wajib diperhatikan dalam membuat perencanaan yang baik !
7. Sebutkan apa saja yang menjadi sumber daya dalam usaha !
8. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif menurut pendapatmu !
9. Jelaskan pengertian industri kreatif menurut pendapatmu !
10. Tuliskan dan jelaskan 16 sektor industri kreatif !



Yuuuk langsung saja kita belajar bersama dengan “Tanya dan Jawab” berikut ini : 

1.  Apa Pengertian Kewirausahaan ?
Jawab :
 

Menurut Inpres No. 4 Tahun 1995, Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kejadian yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produksi baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Menurut Kemendiknas (2010), Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang sangat bernilai dan berguna baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

Menurut A. Pekerti (1999), Kewirausahaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan dan pelembagakan perusahaan miliknya sendiri.

2.  Apa Pengertian Perencanaan Usaha ?
Jawab :


Menurut Hasibuan (2007), Perencanaan adalah sejumlah keputusan mengenai keinginan dan berisi tentang pedoman pelaksanaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Rencana Usaha (business plan) merupakan salah satu dasar Ilmu manajemen. Dasar-dasar ilmu manajemen adalah planning, organizing, directing, dan controlling. Planning berada diurutan pertama dalam Ilmu dasar-dasar manajemen, sebab organizing, directing, dan controlling juga harus direncanakan dalam setiap usaha.

3.  Apa Saja Manfaat Perencanaan Usaha ?
Jawab :


Manfaat Perencanaan Usaha antara lain :

a.    Membimbing jalannya usaha,
b.    Mengembangkan kemampuan manajemen dibidang usaha,
c.    Sebagai petunjuk/pedoman pemimpin perusahaan dalam menjalankan perusahaan,
d.    Sebagai saran untuk bisa memperkecil resiko usaha,
e.    Sebagai pedoman untuk melakukan pengawasan atas kinerja perusahaan,
f.    Bisa membantu pengajuan kredit bank.

4. Sebutkan 4 (empat) aspek yang harus dianalisis untuk kepentingan perencanaan usaha!
Jawab :

Dalam buku Perencanaan Usaha karya Munawaroh (2016), ada 4 (empat) aspek yang harus dianalisis untuk kepentingan perencanaan usaha yaitu :

1). Analisis Aspek Pasar, merupakan pokok dari strategis pemasaran dengan menganalisis pasar menjadi mengetahui  kondisi suatu pasar. Penentuan target harus jelas, sehingga kita tahu kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu pasar dan juga akan memudahkan dalam memilih konsumen yang memiliki daya beli potensial dengan menganalisis pasar, kita tidak akan salah dalam menjual produk.

2). Analisis Aspek Pemasaran, dalam dunia pemasaran terdapat tiga kategori penetapan pasar, yaitu :
a. Strategi pemasaran tanpa pembeda, artinya melakukan pemasaran tanpa membedakan target pangsa pasar yang ingin dituju. Perusahaan seperti ini biasanya memiliki satu jenis produk saja. Contohnya : Minuman teh.

Kelebihan dari strategi ini adalah hemat biaya, perusahaan dapat lebih fokus pada produksi dan distribusi. Kekurangannya adalah banyak perusahaan yang akhirnya memilih pangsa pasar yang target konsumennya, karena hanya mengandalkan satu jenis pemasaran.

b. Strategi pemasaran dengan pembeda, artinya perusahaan mengelompokkan konsumen tertentu sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contohnya : Kosmetik khusus kulit normal, kering dan berminyak.

Kelebihannya adalah produk jadi memiliki daya tarik lebih kuat. Namun, biaya untuk strategi ini cukup tinggi.

c. Srategi Pemasaran Terkonsentrasi, artinya perusahaan hanya terfokus pada satu kelompok pasar saja. Contoh : Produk popok lansia.

3). Analisis Aspek Produksi, perencanaan produksi dibutuhkan agar kita bisa mengetahui proses dalam memproduksi barang atau jasa. Hal-hal yang perlu dijawab untuk membuat analisis dari aspek fasilitas produksi (Supriyanto:2009) antara lain :
a. Lokasi,
b. Tata letak,
c. Skala produksi,
d. Pemilihan mesin atau teknologi.

4). Analisis Aspek Keuangan, perencanaan usaha yang disusun dengan baik dan dengan perhitungan yang realistis akan mudah untuk menarik investor untuk berinvestasi mengembangkan perusahaan kita. Supriyanti (2009) menuliskan tentang analisis keuangan, perencanaannya berupa :
a. Menghitung kebutuhan dana,
b. Menganalisis sumber dana.

5. Apa sajakah unsur-unsur dalam perencanaan usaha yang baik ?
Jawab :

Menurut Hasibuan (2007), perencanaan usaha yang baik harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :
a. Tujuan jelas, rasional, objektif dan sanggup diperjuankan.

b. Rencana harus mudah dipahami karena akan dipakai sebagai pedoman bertindak.

c. Rencana harus fleksibel dan berkesinambungan, artinya produksi bisa menyesuaikan situasi dan kondisi, tapi tetap sesuai tujuan perusahaan.

d. Rencana baiknya meliputi semua kegiatan perusahaan, mulai dari standar pola kerja, aturan hingga pemberian hadiah dan hukuman.

e. Dalam rencana yang dibuat tidak boleh ada pertentangan tugas antardepartemen. Semua harus bersinergi agar tercipta suasana kerja yang kondusif.

6. Sebutkan prinsip-prinsip yang wajib diperhatikan dalam membuat perencanaan yang baik !
Jawab :

Menurut Lukaman Hakim (2014), ada 5 prinsip-prinsip dalam perencanaan usaha yang baik yaitu :

a.    Prinsip pencapaian tujuan,
b.    Prinsip perencanaan efesien,
c.    Prinsip patokan perencanaan,
d.    Prinsip waktu,
e.    Prinsip alternatif.

7.  Sebutkan apa saja yang menjadi sumber daya dalam usaha !
Jawab :

Covello dan Hazelgren dalam bukunya yang berjudul “The Complete Book of Business Plans” menuliskan bahwa perencanaan usaha membutuhkan alat-alat sarana manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, seperti :

1. Manusia (Man)

Salah satu definisi manajemen adalah seni mencapai tujuan melalui orang lain. Artinya, unsur pokok dari manajemen adalah manusia, sebab dengan bantuan manusialah sebuah usaha dapat berjalan.

2. Uang (Money)

Uang merupakan sumber daya kedua wajib dimiliki setelah SDM terpenuhi. Uang dalam hal sumber daya usaha merujuk kepada moral dan pendanaan. Besar kecilnya usaha tergantung dari jumlah uang dalam perusahaan. Oleh karena itu, uang merupakan alat agar sebuah perusahaan dapat berkembang.

Dalam analisis usaha, juga tidak boleh luput untuk menganalisis keuangan kita, sebab hal tersebut berkaitan dengan dana yang dibutuhkan untuk membuka usaha, dan profit yang ingin dicapai.

3.  Bahan-Bahan (Material)

Material atau bahan-bahan adalah segala macam bahan yang dibutuhkan dalam memproduksi barang maupun jasa.

Dalam upaya untuk mengolah bahan-bahan maka diperlukan kontrol bahan. Kontrol adalah tindakan pengaturan dan pengarahan pelaksanaan dengan maksud agar tujuan tertentu dapat dicapai secara efisien dan efektif (Subagya : 1996).  Jadi pengertian kontrol material adalah suatu aktivitas pengaturan material yang bertujuan untuk mengetahui kondisi aktual material, agar sesuai dengan kondisi yang ditetapkan saat perencanaan. Kontrol bahan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas bahan yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa.

Kontrol kuantitas adalah pengolahan jumlah bahan yang telah direncanakan agar bisa sesuai dengan yang dibutuhkan. Kontrol kualitas adalah teknik operasional dan aktivitas yang digunakan untuk memenuhi standar kualitas.

4.    Mesin (Machine)

Mesin adalah alat paling mendasar untuk membuat sebuah barang atau memberikan servis jasa. Yang perlu dilakukan dalam penentuan sumber daya mesin antara lain:

a. Pilihlah mesin yang tepat sesuai dengan kebutuhan produksi.

b. Teknik mesin dan peralatannya harus diseleksi dengan baik untuk menghindari kecatatan mesin.

c. Jangan lupa membeli atau menyetok ketersediaan suku cadang mesin bila sewaktu-waktu mengalami kerusakan, sehingga dapat menghemat waktu.

d. Mengevaluasi hasil penjualan produk atau jasa yang menggunakan mesin tersebut.


5.  Metode (Method)

Metode adalah seni melakukan suatu hal. Dalam suatu perusahaan metode bisa dilihat dari rencana perusahaan, kebijakan, prosedur, dan data. Metode yang menentukan bagaimana seseorang bekerja dan bagaimana seorang menempatkan suatu pekerjaan sesuai dengan prioritasnya,

6.    Pemasaran (Marketing)

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang ditentukan oleh individu atau kelompok mengenai apa yang mereka butuhkan dan inginkan terhadap pembuatan dan pertukaran produk dan nilai dengan individu atau kelompok lainnya (Kotler, 2005). Pemasaran merupakan hal penting jika produk yang kita hasilkan terjual pada target pasar.

Dalam melakukan pemasaran ada 3 (tiga) hal yang mnjadi dasar pertimbangan yaitu :

a. Penyampaian nilai, artinya kamu harus menyampaikan kelebihan apa yang akan didapatkan oleh konsumen.

b. Permosisian produk, artinya kamu harus tahu kepada siapa kamu akan menawarkan produk.

c.  Pembedaan produk, artinya kamu harus memberikan kesan berbeda akepada konsumen dan kesan ini yang membedakan produkmu dengan produk lain.

7.    Pengukuran (Measurement)

Pengukuran adalah halsil observasi yang terukur jumlahnya atas sebuah aspek atau atribut dari sebuah proses, produk atau proyek. Pengukuran akan meningkatkan kemampuan kamu untuk mengetahui apakah hal tersbut sesuai denan kapasitas dan kapabilitas kamu atau tidak.

Ada 5 (lima) hal yang bisa dilakukan pengukurannya (edwin Lee, 1996) yaitu :
a.    Ukurlah apa yang menjadi keinginan konsumen;
b.    Ukurlah proses dan bukan manusianya;
c.    Buatlah target;
d.    Setelah mengetahui hasil, kamu harus tahu akan berbuat apa,
e.    Perbandingan hasil pengukuran.

8. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif menurut pendapatmu !
Jawab :

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kratif dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dan sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

9. Jelaskan pengertian industri kreatif menurut pendapatmu !
Jawab :

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejateraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

10. Tuliskan dan jelaskan 16 sektor industri kreatif !
Jawab :

16 Sektor Industri Kreatif yaitu :

1. Aplikasi dan pengembangan permainan, adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyelesaikan suatu masalah dan membantu aktivitas penggunanya.

2.  Arsitektur, adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif memiliki peranan yang penting dari sisi kebudayaan dan pembangunan.

3. Desain produk, subsektor ini membuat kreasi dari sebuah produk dengan menggambungkan unsur fungsi dan estetika sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

4. Fashion, merupakan kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain busana, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya sesuai dengan perkembangan.

5. Desain interior, subsektor industri ini bergerak pada jasa desainer untuk merancang interior hunian, hotel, sampai perkantoran ataupun kebutuhan dekorasi interior untuk gedung lainnya.

6.Desain komunikasi visual, merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu.

7.  Seni pertunjukan, industri yang menyajikan pertunjukan seni.

8.  Film, Animasi dan Video, industri yang memproduksi dan menjual film, animasi dan video.

9. Fotografi, adalah sebuah proses atau kegiatan yang menghasilkan suatu seni berupa gambar atau foto dengan memanfaatkan media cahaya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan kamera.

10. Kriya, indsutri dibidang kriya merupakan segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil yang dibuat serta diperjualbelikan.

11. Kuliner, industri kuliner bergerak pada bidang pengolahan makanan atau masak-memasak yang menghasilkan makanan dan minuman.

12. Musik, adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

13. Penerbitan, adalah industri yang berkonsentrasi dalam memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau suatu aktivitas untuk membuat informasi yang dapat dinikmati publik.

14. Periklanan, adalah industri yang menjual berbagai program iklan sesuai dengan kebutuhannya.

15. Seni rupa, merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

16. Televisi dan radio, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara baik itu yang monokron maupun yangg hitam putih.

SUMBER UTAMA : 

Tugas Adik (Muhammad Syamsul Ramadan) SMKN 1 KENDARI 

DAFTAR PUSTAKA PENDUKUNG JAWABAN :

Alma, Buchari. 2010. Kewirausahaan Edisi Revisi. Bandung : CV Alfabeta.

Atep Adya Barata, 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.

Barokah, Umi. 2014. Analisis Laporan Keuangan untuk menilai Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Binangun Kab. Kulon Progo. Tugas Akhir Fakultas Ekonomi/DIII Akuntansi. Jogjakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

SUMBER GAMBAR : Freepik.com


Wallahu a'lam...

0 komentar:

Posting Komentar